PRESTASI TERANCAM HILANG… DEMI PEMERATAAN

PRESTASI TERANCAM HILANG… DEMI PEMERATAAN

UNGKAPAN HATI PENULIS

Alhamdulillah, tiada ucapan yang bisa kuucapkan melebihi ucapan itu. Betapa tidak, SD Al-Irsyad Surabaya, salah satu sekolah yang dinaungi oleh Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya (YPAS) tempatku mengabdi, dinyatakan layak maju mewakili Propinsi Jawa Timur untuk mengikuti Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tingkat Nasional. Sungguh sebuah kebanggaan yang tak bisa kuukur dengan kata-kata.

Begitu hebatnya perkembangan yang aku rasakan dari SD Al-Irsyad, sampai-sampai aku sendiri bingung bagaimana awal mulanya para guru, para siswa, didukung manajemen SD dan bahkan sampai tingkat Direksi dan Yayasan bahu-membahu tanpa kenal lelah, dan penuh keikhlasan berusaha menjadikan SD Al-Irsyad terbaik di seluruh Indonesia. Hingga waktu penilaian tanggal 26 Mei 2016 dilanjutkan dengan visitasi tanggal 21 Juli 2016, semua juri menyatakan SD Al-Irsyad CUMLAUDE.

Tetapi sedikit kekhawatiran mulai menyelimutiku. Karena tersiar kabar kurang sedap tentang besarnya tekanan politik atau apapun namanya yang perlahan-lahan muncul ke permukaan sehingga mempengaruhi penilaian tim juri dan tim visitasi. Makin hari, permasalahan itu makin membesar. Bahkan isu berkembang bukan hanya karena tekanan dari sejumlah pihak tetapi juga ada Jual Beli – Wani Piro.

Semakin mendekati hari penobatan juara, kabar tak sedap makin kencang berembus. Dengan alasan ke-Bhineka Tunggal Ika-an atau alasan pemerataan pemenang, Jawa Timur yang semula dikabarkan memperoleh juara 1 semua (TK PIKPG Gresik, SD Al-Irsyad Surabaya, SMPN 10 Kota Malang dan SMKN 3 Buduran Sidoarjo), akan diralat menjadi dua sekolah juara 1, satu sekolah juara 2 dan satu sekolah juara 3. Kalau itu yang terjadi, maka sungguh akan sangat memalukan, menyedihkan dan akan sangat sulit dibayangkan bagaimana perasaan semua warga sekolah yang jelas-jelas sudah berusaha menjadi yang terbaik dan dikabarkan menjadi yang terbaik, ternyata kalah hanya dengan alasan yang tidak masuk akal. Alasan yang dibuat-buat. Dimana kebenaran… dimana keadilan … dimana kebanggaan… sudah matikah hati nurani… sudah hilangkah al-hayaa’

Hari ini, 16 Agustus 2016, malam hari, kabar gila itu makin menjadi. Entah benar atau tidak. Kabar sebelumnya diralat lagi menjadi dua sekolah juara 1, dan dua sekolah juara 2. Memang belum jelas kebenaran kabar itu. Hanya Allah yang tahu bagaimana perasaanku, perasaan rekan-rekan seperjuangan di Jakarta dan perasaan bapak-bapak yayasan, semua guru SD beserta para siswa dan ortu yang mendengar jika SD kami gagal juara hanya karena alasan konyol yang dibuat-buat bernama PEMERATAAN. Akankah perjuangan kami terutama para guru dan siswa dikorbankan. Akankah keinginan kami agar piala tersebut disambut tanggal 20 agustus nanti dan diarak bersama dengan GUBERNUR JATIM menjadi sedikit HAMBAR dan TERNODA oleh ulah pejabat negara yang menentukan pemenang tanpa akal dan jiwa yang sehat? Yang mulutnya teriak MERDEKA tapi sebenarnya TERJAJAH?

Aku sendiri hanya bisa menangis dalam sholat dan doaku. Berharap Allah memberikan kami juara 1. Tetapi seandainya tidak, aku berharap aku bisa ikhlas menerimanya. Aku juga berharap semua rekan-rekanku ikhlas menerimanya. Aku juga berharap semua orang yang terlibat disini terutama manajemen SD Al-Irsyad, para guru, para siswa yang berjuang habis-habisan bisa ikhlas menerima hasil tersebut. Dan kami adalah orang-orang yang terdlolimi. Tetapi kami akan segera BANGKIT… BERJALAN TEGAK KEMBALI… BAHWA INI BUKAN KEKALAHAN TETAPI KEMENANGAN YANG TERTUNDA. Karena Allah lah pemilik keputusan terbaik. Dan akan kami panjatkan doa-doa setiap penghujung malam kami, akan kami adukan segala keluh kesah kami kepada SANG PEMILIK RAGA. Dan aku yakin bahwa doa kami semua diterima dan diijabahi.

PERJUANGAN BELUM SELESAI.. MASIH ADA HARI ESOK.. MASIH ADA LUSA..

DAN MASIH ADA ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA

Mudah-mudahan semuanya hanya isu saja yang tidak benar terjadi. Dihari kemerdekaan RI ke-71 ini kuketuk hati Bapak/ Ibu Pejabat, para pembuat keputusan dan kebijakan. MERDEKAKAN HATI ANDA… MILIKI AL-HAYAA’… MILIKI LAGI KEBANGGAAN SEBAGAI MANUSIA MERDEKA…

INGAT… KEPUTUSAN ANDA DI DUNIA AKAN ANDA BAWA DAN PERTANGGUNGJAWABKAN DI HADAPAN SANG PEMILIK JIWA .. ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA.

 

Jakarta, 16 Agustus 2016

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s