TAUHID – JALAN KEBAHAGIAAN DAN KEBERKAHAN DUNIA DAN AKHIRAT

🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃

Bismillah

T A U H I D
JALAN KEBAHAGIAAN dan KEBERKAHAN DUNIA dan AKHIRAT

Syeikh Ali Hasan Al Halabi
Penerjemah Ustadz Beni Sarbeni, Lc
Masjid Istiqlal
16 Agustus 2015

Saudaraku..
Indonesia adalah Negeri kebanggaan kita semua..mayoritas penduduknya muslim..negeri yang telah dikenal kelembutannya
.keramahannya..sejak Islam pertama kali masuk ke Indonesia

🌵Di antara taufiq Allah ta’ala..Tabligh kali ini berbarengan dengan hari kemerdekaan Indonesia..kita mengetahuinya dalam sejarah negeri ini,kemerdekaan yang telah dicapai dari penjajahan Belanda dan Jepang 3 abad lebih…semua ini atas taqdir Allah ta’ala.

🌵Di antara bentuk kesyukuran atas nikmat kemerdekaan ini adalah kemerdekaan setiap kita bisa beribadah hanya kepada Allah ta’ala. Kemerdekaan yg sebenarnya adalah memerdekaan diri dari penghambaan diri kepada manusia menuju penghambaan diri hanya kepada Allah ta’ala. Itulah Tauhidullah

🌵Tauhid inilah yang akan membawa sebuah negeri menuju kedamaian,keamanan, dan kebahagiaan di dunia ini dan kelak di Akhirat. Sebagaimana Allah berfirman..
والذين امنوا ولم يلبسوا ايمانهم بظلم اولئك لهم الأمن وهم يهتدون
“Dan orang2 yg beriman yg tidak mencampurkan keimanan dengan kesyirikan mereka akan mendapatkan keamanan dan mereka adalah orang2 yg mendapat petunjuk..”

🌵Siapa orang2 yg beriman? Sejatinya adalah orang2 yg mengetahui perintah Allah dan larangan2nya..dengan pengakuan lisannya,meyakini dengan hatinya dan mengamalkannya dwngan anggota badannya…inilah manhaj ahlussunnah wal jamaah

🌵 ketika kita memahami kalimat tauhid adalah nafyi dan itsbat لا اله الا الله maka maknanya adalah tidak ada ilah yg berhak diibadahi dengan sebenarnya kecuali Allah. Begitupun ayat di atas
والذين امنوا….ini adalah itsbat sedangkan ولم يلبسوا ايمانهم  adalah kalimat nafyi..
Begitulah kita menetapkan tauhid kita bahwa tidak ada ilah yg berhak disembah..diibadahi dengan sebenarnya kecuali Allah ta’ala dan selainNya adalah bathil.

🌵Seorang sahabat setelah mendengar ayat di atas mengatakan ya Rosulullah..siapa di antara kita yg tidak mendzalimi diri sendiri..lalu Rosulullah mengatakan yg dimaksud kedzaliman itu adalah ksyirikan yang besar. Bukannya Allah berfirman :ان الشرك لظلم عظيم seaungguhnya kesyirikan itu adalah kedzaliman yang paling besar.

🌵Kesyirikan adalah kedzaliman yang paling besar. Orang2 kafir adalah orang2 yg paling besar melakukan kedzaliman. Ibadah yg sejati hanya kepada Allah. اياك نعبد…hanya kepada Engkau kami beribadah…

🌵Sesungguhnya kebahagiaan yg besar akan didapati oleh orang2 yg mentauhidkan Allah kepada Allah…kepada orang2 yg me dakwahkan tauhid ini kpd manusia..قل هذه سبيلي ادعو الى الله ini adalah jalanku..aku berdakwah kepada Allah..
Mengajak manusia kepada Allah adalah jalan menuju kebahagiaan yg benar. Siapa yg paling bahagia ? Allah menyebutkan mereka adalah orang2 yg Allah telah memberikan kpd mereka nikmat  اولئك مع الذين انعم الله عليهم من النبيين والصديقين والشهداء والصالحين ..mereka akan bersama orang2 yg Allah telah berikan nikmat kepada mereka dari para Nabi..para shiddiqin..para syuhada..dan orang2 sholeh.. NIKMAT apa? Nikmat tauhid..nikmat beribadah kepada Allah semata…

🌵Inilah kedzaliman yg maksudnya adalah kesyirikan. Rosulullah menjelaskan bahwa kesyirikan umat ini lebih lembut dari jalannya semut…kesyirikan bisa terjadi pada individu2 yg sedikit ataupun banyak. Dari sini pula keayirikan ada dua syirik besar dan syirik kecil. Syirik besar tidak bisa terhapus kecuali dengan taubat nashuha..taubat yg sebenarnya..meninggalkan ajakan2 syaitan..krn jika tidak bertaubat dari syirik besar maka tidak akan diampuni Allah ta’ala.ان الله لا يغفر ان يشرك به ..sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni orang2 yg menyekutukan Allah sekecil apapun..dan inilah Tauhid yg telah Rosulullah tinggalkan kepada kita..agama Islam dan Tauhid ditinggalkan kpd kita dalam keadaan putih bersih dan tidak ada yg menyimpangnya kecuali akan binasa.

🌵Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan..ahlussunnah adalah orang2 yg lebih tau ttg kebenaran، lebih sayang kpd makhlukNya dan yg paling lembut hatinya اعرف الناس بالحق وارحم بالخلق وارق قلوبا. Untuk itulah dakwahkan tauhid dengan hati yg lembut kpd kaum muslimin..sebagai bentukbkasih sayang kita kpd mereka, smg Allah memberikan petunjuk dan hidayah kpd mereka setelah mereka dalam keadaan sesat.. Syirik besar dapat mengeluarkan pelakunya dari Islam.

🌵 Sesungguhnya yg paling agung dalam mewujudkan nilai2 tauhid adalah dengan mengajarkannya kpd manusia..meminta hanya kepada Allah..meminta pertolongan hanya kepada Allah..berdoa hanya kpd Allah..Ijilah yg diajarkan oleh Rosulullah kepada para sahabat yg masih yunior..sahabatnya yg masih kecil..اني اعلمك كلمات احفظ الله يحفظك احفظ الله تجده تجاهك. واذا سألت فاسئل الله واذا استعنت فاستعن بالله aku akan ajarkan kepadamu bberapa kalimat..jagalah Allah maka Allah akan menjagamu. Jagalah Allah maka engkau akan mendapatiNya dihadapanmu. Jika engkau minta,mintalah hanya kepada Allah dan jika engkau minta pertolongan mk mintalah pertolongan hanya kepada Allah…” krn banyak di antara kita mengaku mentauhidkan Allah tapi masih banyak yg minta kepada selain Allah..bersumpah kpd selain Allah..meminta pertolongan tidak kpd Allah…bahkan yg lebih musris adalah mereka mengagungkan selain Allah lbh besar pengagungannya kpd Allah..mengagungkan wali secara berlebihan dg sifat yg tidak layak disandang olehnya..kita eemua adalah wali2 Allah..yaitu yg beriman kepada Allah dan beramal sholeh.

🌵 Masalah yg ke 2 yg penting bagi kita adalah  Siapa yg boleh menetapkan bhw seseorang adalah Kafir.?jawabannya adalah para ulama yg robbani dan para hakim penguasa yg berhak menetapkan si fulan kafir..si fulan kafir…maka berhati2lah dlm masalah ini.

🌵 Tidak boleh dilakukan oleh kita selamanya..adalah memberikan ruang kpd orang2 yg akan merusak agama tauhid ini…yg mengkafirkan sahabat dan khalifah Abu Bakar..yg mencela Aisyah Ummul mukminin…orang2 yg banyak mencela al Qur’an..sehingga dari sikap mereka kita tahu tth mereka yg nabinya bukan Nabi kita..kitabnya bukan kitab kita ..Tuhannya bukan Tuhan kita Allah jalla jalaluhu…mereka akan merusak negeri ini..lihatlah apa yg terjadi di negeri2 arab..di yaman..Suria dan Irak  dan lainnya karena mereka yg merusaknya..mereka yg telah merusak itu semu..mereka adalah berkulit domba tapi berperangai serigala.

🌵Apakah ada kebahagiaan tanpa keamanan? negeri ini akan bahagia ketika mewujudkan keimanan di negeri ini. Keimanan yg dasarnya adalah Tauhidullah. TAUHID adalah pintu keamanan. KEAMANAN adalah pintu kedamaian dan kebahagiaan. Waspadailah orang2 yg akan merusak keamanan di negeri ini!!! Setiap kita dituntut untuk menghalau jauh2 pemikiran yg berisi kesyirikan dan pengkafiran sesama umat…waspadalah terhadap Syi’ah dg pemikiran tasyayyu’nya dan waspadalah kaum Khawarij dengan pemikiran takfirinya.

🌵Contoh kebahagiaan dari kalangan manusia yg telah merasakan nikmatnya kebahagiaan hidup adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah,  yg mengatakan bahwa aku dan surgaku dalam hatiku. Kemanapun aku pergi ia aku bawa. Ketika musuh2ku memenjarakan aku maka akupun tetap merasakan kebahagiaan krn Surga menyertaiku di dalam penjara. Aku bisa bermunajat kepada Allah..bisa menulis ilmu2 Allah..sungguh ini adalah kebahagiaan hidupku di dunia ini. Bagaimana dengan janji Allah akan kebahagiaan  orang2 yg beriman dibakhirat nanti.???

🌵 Sungguh Tauhid adalah asas dan pondasi kebahagiaan. Tauhidullah adalah sebab kesatuan umat di dunia ini. Bukan harta yg menyatukan kita. Sekiranya seluruh manusia menginfakkan seluruh apa yg ada di atas muka bumi ini tanpa tauhid..maka TIDAK AKAN PERNAH TERJADI persatuan umat di atas muka bumi ini. HATI ini telah Allah satukan dengan tauhid. Persaruaj lahir dan batin..bukan persatuan fisok saja tapi hatinya bercerao berai…sebagaimana yg  kita lihat  dalam firman Allah تحسبهم جميعا وقلوبهم شتى kalian mengira mereka itu bersatu tapi hati mereka tercerai berai. Sungguh yg membuat kita bersatu adalaha ketauhidan kita kepada Allah.

🌵Allah menghendaki persatuan kita di atas tauhidullah. Persatuan hati kita di atas ilmu, amal dan dakwah tauhidullah sebagaimana para Nabi mendakwahkannya meskipun  jasad terpisah dan jarak yg terpisah jauh oleh waktu dan tempat tapi tauhid pada Robb kita adalah Allah, kitab kuta adalah Al Qur’an dan nabi kita adalah Muhammad shallaallahuvalaihi wasallam.

🌵Kita menginginkan tauhid yg melahirkan ibadah kita kpd Allah. Allah akan menurunkan nikmat2Nya,nikmat keamanan dan kebahagiaan. Nikmat yg semua manusia mengejarnya..sebagaimana Allah berfirman dalam keamanan sebelumnya rasa tauhid..nikmat makan yg sebelumnya kelaparan. Sebabnya adalah beribadah kepada Allah. Lihatlah kehidupan para sahabat..generasi  yg terbaik dari umat ini..mereka untuk mendapatkan kebahagiaan mereka kembali kpd Allah dg ibadah dan kembali kpd Rosulullah sbg hakimnya. Mereka adalah suri teladan kita..dan mereka generasi yg telah mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhiratnya. فلا وربك لا يؤمنون حتى يحكموك فيما شجر بينهم ثم لا يجد في انفسهم حرجا مما قضيت ويسلموا تسليما
” Demi Allah,tidaklah mereka dikatakan beriman sehingga mereka menjadikanmu sebagai hakim terhadap apa yg terjadi di antara mereka dan mereka tidak mendapati rasa keberatan dalam diri mereka terhadap apa yg telah engkau putuskan dan mereka menerima sepenuh penerimaan.”

🌵 Inilah hakikat Tauhid yg kita harapkan kepada Allah agar senantiasa memberikan kekuatan kpd kita untuk istiqomah di atas tauhid ini. Hanya kepada Allah juga kita berharap semoga negeri yg kita cintai ini Allah jaga dg keamanan, kedamaian dan kebahagiaan. Amin.

Tabligh Akbar Istiqlal Jakarta-16082015
abu islama.doc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s