PAMER IBADAH DI JEJARING SOSIAL

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Jejaring Sosial itu Media Sosial yang sangat efektif bagaikan sebuah pisau, jika ia digunakan oleh orang baik maka ia akan membawa kemaslahatan (kebaikan) dan jika digunakan oleh orang kurang baik maka akan membawa kemudharatan (keburukan).

Manfaat jejaring sosial memang banyak, bisa digunakan sebagai bentuk konsolidasi sebuah organisasi, terjalinnya silaturahmi, sebagai media untuk memperluas jaringan bisnis, bahkan media untuk aktualisasi, eksistensi dan narsisasi diri. Tetapi, SISI BURUK juga banyak , salah satunya BISA MEMBUAT AMAL IBADAH TIDAK BERPAHALA

APA CONTOHNYA ………?
PERNAH ANDA MEMBACA UPDATE STATUS seperti berikut ini ….?
“Alhamdullillah, bangun jam 2 malam,  saatnya wudhu dan sholat tahajud”
“Alhamdulillah akhirnya buka juga, semoga puasa hari ini mendapat barokah”
“Menanti adzan magrib, untuk segera berbuka puasa senen”
“Siap  siap sholat jum’at ah, biar dapat unta”
“Alhamdulillah, akhirnya saya khatam dalam waktu 20 hari , semoga barokah “
“Mampir ke Masjid Agung ah, sambil menunggu maghgrib “
dan banyak lagi status – status yang sejenisnya.

Subhanallah,………. saya yakin anda sering membaca status status yang semacam itu, atau mungkin MALAH PERNAH MENJADI PELAKU……?

MEMANG BENAR, merupakan IBADAH KEPADA ALLAH SWT, tetapi, ALANGKAH BAIKNYA BILA IBADAH TERSEBUT DITUTUP TUTUPI, karena bisa memunculkan Sifat  Ri’ya , PAMER, SOMBONG ATAU UJUB ingin dipandang orang bahwa kita itu beribadah.  Nah, ini yang sangat bahaya…..!

Ri’ya termasuk syirik ashghar (kecil) karena seseorang yang melakukan riya’ ini telah menyekutukan Allah dengan selainNya dalam urusan ibadah.

KALAU SYIRIK ASHGAR DILAKUKAN BERULANG KALI, bisa saja sampai pada derajat SYIRIK AKBAR.  Ibnu Qayyim Al jauziyah mengungkapkan bahwa riya’ yang termasuk dalam kategori syirik ashghar ini dengan istilah riya’ yang ringan. Bila dilakukan keterusan, bisa menjadi riya’ yang berat dapat menyebabkan orang sampai derajat syirik akbar.

Bisa saja, Mereka berdalih bahwa ini adalah TAHADDUTS BINNI’MAH (menceritakan kebaikan), SEBAGAI SYUKUR NIKMAT (QS, Ad-dhuha: 11). atau ini adalah salah satu strategi da’wah.

Kalau ANDA MEMBERI JAWABAN SEPERTI ITU, SILAHKAN…………..!
Tetapi ingat, TIDAK ADA YANG TAHU APA ISI HATI MANUSIA, kecuali ALLAH….!
Rasulullah juga bersabda “amalan itu tergantung niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan” Amal shalih ini adalah amal yang dilakukan secara benar dan ikhlas.
Tujuan artikel ini untuk mengingatkan, agar waspada dengan status yg dibuat di FB,WA, Twitter dll  Jangan-jangan ketika kita membuat status terbersit keinginan mendapat apresiasi dari manusia tentang ibadah-ibadah kita yang seharusnya merupakan urusan kita dengan Allah PADAHAL SIFAT PAMER MENJURUS KEPADA KESOMBONGAN, UJUB DAN TAKABUR  YANG TIDAK DISUKAI OLEH ALLAH SWT.

He he he,
Jangan jangan  artikel  yag saya buat ini  secara langsung atau tidak langsung merupakan media pamer juga yang sok menasehati orang lain, ……………………!
Astaghfirullah..  begitu besarnya bahaya Ri’ya yang dapat menjerumuskan kita dalam kesyirikan..  Naudzubillah min dzalik……….!

Mari kita mengingatkan sesama muslim agar kita semua berlomba lomba beribadah dengan tujuan hanya ingin mendapat keridhaan ALLAH SWT semata , dengan berorientasi kepada NIAT HANYA BERIBADAH KPD ALLAH SEMATA

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalaamu’alaikum wr wbr

Sukolilo 25 Maret 2015
Hanafi Pratomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s