Rusuh dan Konflik SARA Muslim Uighur dan Suku Han, Xinjiang China

Kerusuhan berkobar dengan dipicu pertengkaran buruh di sebuah pabrik mainan yang berujung lenyapnya nyawa dua orang korban. Unjuk rasa damai yang digelar sekitar 1.000 sampai 3.000 orang di ibu kota Urumqi, Minggu (5/7)pun kisruh ditingkah pemukulan dan penembakan. 156 tewas, 800-an lainnya luka-luka.

Ketegangan timbul sewaktu polisi menindak salah seorang demonstran yang melemparkan telur mentah ke dinding konsulat, membuat yang sebagian demonstran marah

Suku Uighur yang terkonsentrasi dan berdomisili  di daerah Otonomi Xinjiang adalah salah satu suku minoritas resmi di Republik Rakyat Cina. Suku ini merupakan keturunan dari suku kuno Huihe yang tersebar di Asia Tengah, menuturkan bahasa Uighur dan memeluk agama Islam.

Ada dua etnis suku yang beragama Islam, suku Uuighur dan Hui. Suku Uighur bersama suku Hui menjadi suku utama pemeluk Islam di Tiongkok, namun ada perbedaan budaya dan gaya hidup yang kentara di antaranya. Suku Uighur lebih bernafaskan Asia Tengah sedangkan suku Hui lebih condong bergaya Konfusianis oriental.

Suku Han adalah suku mayoritas di China dan mayoritas mereka adalah komunis. Keberadaan suku Han di Zinjiang mengalamai perkembangan signifikan dari 10 % di tahun 50-an, kini jumlah mereka berkembang hingga 40 %.

Kerusuhan terdasyat semenjak Tragedi Tianamen ini membuat Presiden Cina Hu Jintao menarik diri dari KTT G-8 di Italia.

Sementara itu, Orghanisasi KOnferensi Islam (OKI) dan Persatuan Pemuda Muslim Dunia (WAMY) menyatakan keprihatinan mendalam pada kerusuhan etnis tersebut dan menyebutnya sebagai kerusuhan yang ditangani dengan penggunaan kekerasan yang tidak proporsional.

“Kekerasan terhadap masyarakat sipil, dan pembunuhan terhadap mereka yang tidak berdosa, muslim atau bukan adalah perbuatan yang sangat-sangat tercela dan sangat menyedihkan..” Demikian pernyataan Sekjen WAMY, Saleh Al Wohaiby pada hari Kamis. Saleh mengatakan bahwa ia berusaha mendapatkan informasi tentang meluasnya jumlah korban dan kerusakan materi pasca kerusuhan.

“Sayangnya kami tidak diizinkan memasuki wilayah tersebut bahkan kehadiran dari personil WAMY pun ditolak di China bagian manapun, itu sangat membuat tugas kami semakin sulit.

Halo Indonesia, ada tragedi di sana, mari sejenak lupakan Euforia pesta pemilihan pimpinan kita, saudara kita, secara muslim dan secara kemanusiaan membutuhkan paling tidak dukungan moril di sana.

Suku Han Memburu Suku UighurSuku Han Memburu Suku Uighur
Memburu Suku UighurMemburu Suku Uighur
Tentara pengendaliTentara pengendali

kerusuhan di Cina juli 2009-2

kerusuhan di Cina juli 2009-5

Inilah demonstrasi damai yang berujung kerusuhan maut ituInilah demonstrasi damai yang berujung kerusuhan maut itu
Inilah demonstrasi damai yang berujung kerusuhan maut ituInilah demonstrasi damai yang berujung kerusuhan maut itu

source:

  1. Wikipedia
  2. dailymail.co.uk
  3. antara.co.id
  4. suara karya online
  5. radioaustralia.net
  6. arabnews.com

4 thoughts on “Rusuh dan Konflik SARA Muslim Uighur dan Suku Han, Xinjiang China

  1. sebenarnya konflik ini sudah terjadi lama sekali, pembunuhan terhadap suku Uighur terjadi sejak dikuasainya Turkistan Timur oleh China, jumlah korban mencapai 35 juta, dan bukan itu saja, ibu-ibu hamil pun dipaksa melakukan aborsi, tujuannya agar tidak ada pembengkakan jumlah penduduk. Pembunuhan, penahanan, kemiskinan, diskriminasi mewarnai kehidupan umat muslim Uighur, untuk lebih jelas lihat di east turkestan.net

    1. terima kasih atas infonya. Islam memang selalu menjadi sasaran termasuk di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Semoga Allah selalu melindungi kita.

  2. “Suku Uighur lebih bernafaskan Asia Tengah sedangkan suku Hui lebih condong bergaya Konfusianis oriental” maaf tolong jelaskan makna konfusianis di sini karena dalam benak saya kosa kata itu mengarah pada sinkretik islam dan konfusianis. atau jangan-jangan yang dimaksudkan adalah ciri budayanya seperti suku han misalnya desain masjid pakaian adat dlsb (yang belum tentu bertentangan dengan syariat islam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s