Tips Tidur yang Berkualitas

Tidur sebenarnya bisa di mana saja. Tapi, kunci tidur yang sehat adalah tidur dalam jumlah yang cukup. Kualitas tidur bisa lebih meningkat bila:

Seseorang merasa nyaman dengan tempat tidurnya. Hal ini tergantung selera, ada yang nyaman tidur di tempat empuk ada yang tidak. Yang penting tubuh nyaman.

Tidur harus cukup. Bayi butuh waktu tidur lebih dari 15 jam dalam sehar, anak-anak butuh waktu 10 jam, temaja (18-30 tahun) butuh 8,5-9,25 jam, dewasa (30 tahun ke atas) butuh 8 jam sehari.

Tidur di jam yang teratur membuat tubuh makin oke. Tidur yang terpola membuat tubuh sudah memprogram jamnya sendiri sehingga fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Jangan begadang kalau tidak ada gunanya. Begadang hanya membuat tubuh tersika karena porsi tidurnya disunat.

Tidur harus dalam kondisi ruangan yang gelap. Manusia adalah makhluk yang peka cahaya. Tidur dalam kondisi tempat terang benderang membuat otak bingung sebab suasana terang membuatnya tidak bisa berhenti bekerja. Lagi pula, dalam kondisi terang, hormon melatonin yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel tidak bekerja dengan baik.

Bila Anda mengalami gangguan tidur, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. Ini harus dilakukan untuk memperbaiki kualitas tidur Anda.

“Kekurangan tidur selain mempengaruhi fisik seseorang juga membuat hubungan sosial menjadi kacau. (Dr Andreas Prasadja, Sleep Technologist)”

2 thoughts on “Tips Tidur yang Berkualitas

  1. Nice info. Saya baru tau kalo tidur di tempat terang itu gak bagus. Soalnya udah kebiasaan kalo tidur lampu dinyalain…

    salam kenal
    main blog saya ya (ngarep🙂 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s