Maglev – Kereta Tercepat Di Dunia

MagLev adalah singkatan dari Magnetically Levitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. …


JR-Maglev MLX01, Yamanashi, Jepang

JR-Maglev. Kereta api tercepat dunia dengan kecepatan resmi, 581 km/jam (2003, Guiness World Record). Kereta api super cepat Jepang ini tidak berjalan pada relnya, tapi melayang, diatas relnya setinggi 10 cm.


Kereta Maglev sebenarnya tidak pernah menyentuh relnya pada saat berjalan. Sistem superconduktor-nya membuat kereta melayang diatas permukaan rel. Kereta buatan Siemens-Alstrom melayang 1cm (0,39 in) diatas rel. Kereta Jepang Shinkansen melayang 10 cm (3,9 in) diatas relnya. Shinkansen menggunakan rodanya hingga mencapai kecepatan 100 km/jam (62 mph) sebelum dia benar-benar melayang. Pada kecepatan tertentu, helium encer yang sangat dingin digunakan untuk meminimalkan kehilangan energi pada bidang maknit. Sedangkan jenis yang dibuat di Eropa menggunakan maknit biasa, tetapi membuatnya lebih cepat melayang.


Kereta ini telah menggunakan teknologi Magnetic Levitation (Maglev), jadi melayang diatas rel dengan magnet berkekuatan tinggi. Dengan tidak adanya gesekan dengan rel ini menyebabkan kecepatan setinggi itu bisa dicapai. Selain itu juga suara di dalamnya juga jadi sangat tenang. Kereta ini bisa menempuh jarak Jakarta – Surabaya paling lama 120 menit saja. (Itu aja pake istirahat ngopi dulu.. (hehe)
Jarak Jakarta Surabaya sekitar 800 km. Dengan kereta Argo ditempuh dalam waktu sekitar 15 jam dengan kecepatan maksimal 100 km/jam (plus berhenti). mantapp… mw coba?? hehe

6 thoughts on “Maglev – Kereta Tercepat Di Dunia

  1. Kalau ada bangsa lain dapat menciptakan teknologi canggih semacam kereta api MAGLEV, mestiya kita harus ingin mengetahui dan kemudian berusaha meniru atau bahkan menciptakan yang lebih canggih lagi. Jangan bilang bohong atau mencemoohkan, nanti bangsa kita tidak maju-maju, selalu dirundang masalah sosial ekonomi yang tidak ada habis-habisnya.

    1. betul sekali pak Sadri. Sebenarnya kemampuan SDM kita tidak kalah hanya kadang terganjal birokrasi dan lain sebagainya. mudah2an ke depan Indonesia bisa menjadi bangsa yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s