10 Cara Alami untuk Tingkatkan Energi


SERING merasa tak bersemangat sepanjang hari? Tak harus tergantung pada konsumsi kopi kalau hanya untuk meningkatkan semangat. Coba simak tips-tips di bawah ini dan temui bahwa ternyata ada beberapa cara natural untuk meningkatkan stamina dan menjalani hari lebih berenergi.

1. Untuk mendorong sirkulasi darah di pagi hari, coba berjinjit menggunakan ujung kaki Anda, lalu lakukan gerakan jongkok beberapa kali. Kegiatan ini akan membangkitkan sistem sirkulasi sehingga oksigen dan gula darah bisa lebih cepat beredar ke seluruh bagian tubuh.

2. Aroma bunga lavender dipercaya bisa memberikan stimulasi menyegarkan ke otak. Coba gunakan sabun mandi atau lotion beraroma lavender. Menurut penelitian di Universitas Miami, aromanya bisa menambah produksi gelombang beta di otak yang bisa membuat Anda semakin siap beraktivitas.

3. Karbohidrat kompleks dan lemak yang sehat bisa memberi tambahan energi di pagi hari. Coba makan telur orak-arik, dengan muffin gandum whole grain, dan sepotong keju rendah lemak.

4. Suplemen B-kompleks diperlukan untuk cadangan tenaga sehari-hari. Suplemen B-kompleks akan memberi nutrisi kelenjar adrenalin, yang bekerja untuk memproduksi energi di dalam tubuh. Coba cari suplemen dengan fomula yang memiliki kandungan 100 mg vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6.

5. Biasa mengonsumsi kopi lebih dari 2 gelas per hari? Sebaiknya ganti kopi Anda dengan teh. Ganti ritual Anda dengan teh yang mengandung ginseng atau ginkgo biloba. Kedua bahan ini bisa meminimalikan efek negatif dari hormon stres dan mendorong kelenjar adrenal untuk memberi Anda energi lebih. Anda bisa mencari teh-teh yang diberi label bisa menghilangkan stres.

6. Istirahatlah sejenak. Ambil waktu untuk mengambil napas dalam-dalam, buat diri Anda tenang. Dalam keadaan tegang, otak secara otomatis berpikir untuk menyelamatkan diri dan memblok pikiran Anda dari berpikir kreatif. Dengan memberikan sinyal tenang ke otak Anda, maka otak akan bisa lebih berpikir produktif.

7. Seharian menatap komputer bisa membuat Anda bosan dan kelelahan. Jika Anda hanya duduk dalam posisi sama dalam waktu yang lama, hal ini bisa membuat aliran darah bergerak lambat. Untuk selalu dalam keadaan siaga dan berenergi, coba untuk bergerak setiap beberapa jam. Hanya bangun dari tempat duduk Anda dan menatap ke luar jendela atau hanya dengan berjalan-jalan ke kantin pun bisa membantu.

8. Sore hari sering merasa lapar dan ingin mengemil? Banyak saran dari ahli nutrisi untuk menambah energi dengan mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan. Coba kombinasikan beberapa jenis kacang-kacangan siap makan ditambah 6 ons yogurt bebas lemak. Selain rendah lemak, rendah gula, juga kaya protein dan lemak sehat. Kombinasi ini lama dicerna, memberikan tambahan energi, tanpa membuat kadar gula darah Anda mendadak naik.

9. Wangi sitrus menstimulasi otak untuk lebih segar. Coba makan buah jeruk, atau cuci tangan dengan sabun beraroma sitrus.

10. Jika Anda sering merasa kelelahan di siang hari, coba tidur lebih cepat di malam hari. Selain meregenerasi sel-sel dan organ tubuh, tidur juga semacam tombol untuk me-reset otak Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s