Mengatasi sengatan listrik dari casing PC

Timbulnya sengatan listrik yang meskipun relatif kecil namun cukup menyakitkan dari casing PC anda, disebabkan karena grounding kelistrikan yang kurang sempurna. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan sambungan berkemampuan grounding. Hal ini biasanya ditandai dengan dilengkapinya kabel ketiga. Jika hal tersebut sudah dilakukan namun hasilnya masih sama saja, bisa mencoba trik sederhana ini. Buatlah unit grounding darurat.

Caranya terbilang mudah :

1.Yang diperlukan adalah sebuah paku beton (kurang lebih 3 cm) dan kabel (panjang kurang lebih 1-2m). Pemilihan kabel sebaiknya kabel dengan inti tunggal (bukan serabut). Kadang dikenal sebagai kabel jumper. Kabel tidak perlu yang berukuran besar, dikarenakan listrik yang akan dialirkan pun arus dan voltasenya kecil.

2. Dimulai dengan memasang paku pada tembok, pilihlah tempat yang tidak mencolok sehingga tidak mengganggu pemandangan. Disarankan juga agar makin mendekati lantai. Sisakan paku sekitar 1 cm.

3. Kemudian lilitkan kedua ujung kabel, yang satu pada paku dan yang satu lagi pada PC dengan cara melilitkan sedikit kabel pada sekrup casing lalu kencangkan sekrup casing tersebut.

4. Dan anda akan terbebas dari sengatan listrik dari PC kesayangan anda.

5. Disarankan dilakukan pada tembok yang permanent (bukan tembok dari bahan gypsum, triplek, dan sejenisnya) dan casing yang digunakan berbahan metal bukan acrylic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s