SD Al-Irsyad Surabaya

Mengenal Pembelajaran di SD Al – Irsyad

SD Al – Irsyad mempunyai keinginan menjadi sekolah yang berpijak dan berpegang teguh pada syariat Islam dan ilmu pengetahuan secara seimbang dan menjadi sekolah islam percontohan diwilayahnya juga menjadikan SD Al – Irsyad sebagai agen perubahan masyarakat. Di tengah situasi bangsa yang sedang dilanda krisis multi dimensi, khususnya krisis moral akan dapat mengancam generasi bangsa, menjadikan kekhawatiran orang tua tentang pendidikan anaknya di era globalisasi sekarang ini, maka dengan kehadiran SD Al – Irsyad sebagai alternative pilihan terbaik, dengan menerapkan standar ganda (Mengintegrasikan) Science dan Ad dien secara seimbang.Sebagaimana diisyaratkan dalam Al Hadits “Barang siapa menginginkan dunia maka harus dengan ilmu, dan barang siapa menginginkan dunia akhirat maka harus dengan ilmu dan barang siapa menginginkan keduanya maka harus dengan ilmu pula.SD Al – Irsyad berpegang teguh pada Syariat Islam dalam hal ini membentuk generasi muslim yang beraklaqul karimah, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan berlandaskan pada Al Qur’an dan Sunnah-Nya, dalam artian suatu generasi yang senantiasa mampu memadukan antara imtak dan imtek dalam seluruh aspek kehidupan sebagai perwujudan hamba Allah yang sekaligus kholifah-Nya membawa berkah bagi alam semesta.

Untuk melangkah menjadi sekolah yang diharapkan bisa melahirkan generasi robbani yang berilmu sebagaimana diisyaratkan dalam Q.S Al – Mujadalah : 11 “Allah akan meninggikan orang – orang yang beriman diantara kamu dan orang – orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”, maka SD Al – Irsyad Surabaya menerapkan Program Pendidikan sesuai ketentuan dari Depdiknas ditambah dengan Kurikulum khas SD Al – Irsyad seperti Jam Mata Pelajaran Agama yang lebih banyak dari yang ditetapkan Depdiknas, dan memasukkan kegiatan BTQ dalam kurikulum SD Al – Irsyad, sedangkan program penunjangnya yakni program Ekstra Kurikuler yang bersifat Agama dan umum yang meliputi : Praktek Ibadah, Tahfidhul Qur’an (Juz Amma), Tadabur Alam, PAP (Pembinaan Aqidah Pagi), Kaligrafi, Gerakan Jumat Bersih (Peduli Lingkungan), serta Sosialisasi dan cara hidup islami.Sedangkan Program Ekstra Kurikuler yang bersifat umu meliputi : Olah Raga (Futsal, Karate), Pramuka, Komputer serta pengembangan Kreatifitas anak.

Untuk memberikan pelayanan kepada anak yang berprestasi tinggi diberikan program pengayaan dan penghargaan berupa Piagam dan Beasiswa, sedang untuk siswa yang kurang mampu diberikan remedial (perbaikan) untuk menuntaskan prestasinya.”Dan hendaklah takut kepada Allah orang – orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak – anak yang lemah yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka . . .”(Q.S An Nisa’ 9)

Bahwa istilah “Dukungan Orang tua sangat menentukan Keberhasilan Anak” dan istilah” Kerjasama Orang Tua dengan sekolah menentukan Keberhasilan Siswa” adalah benar adanya dan SD Al – Irsyad menyadari betul hal tersebut. Oleh karena itu maka SD Al – Irsyad membangun kerjasama yang lebih intensif antara guru pendidik dan Orang tua dengan mengadakan media – media yang memungkinkan terjadinya kerjasama tersebut. Adapun sebagai alat penghubung yakni adanya buku tugas siswa (buku hijau) dan buku putih (buku ibadah). Buku tugas siswa dimaksudkan untuk mengontrol kegiatan siswa secara langsung baik di sekolah maupun di rumah, sedangkan buku putih dimaksudkan untuk mengontrol kegiatan ibadah para siswa secara langsung, sehingga akan terjadi interaksi antara pendidik, orang tua dan anak didik secara intensif, namun jika ada permasalahan maka dilakukan pemanggilan wali murid oleh wali kelas dengan tujuan untuk membantu memberikan solusi.

Dengan menerapkan standart ganda (mengintegrasi) Science dan Ad dien secara seimbang yang senantiasa mampu memadukan antara imtak dan imtek dalam seluruh aspek kehidupan maka SD Al – Irsyad beharap dapat melahirkan dan mencetak generasi robbani, dalam artian generasi yang :

1.       Berakhlaqul karimah sesuai dengan syariat

2.       Shalat dengan kesadaran

3.       Berbakti pada orang tua

4.       Tartil baca Qur’an

5.       Hafal Juz’amma

6.       Bersikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi

7.       Percaya Diri

8.       Senang membaca

9.       Komunikasi dan perilaku sosial yang baik

10.   Memiliki budaya bersih

11.   Lima mata pelajaran pokok tuntas dengan rata – rata minimal 75

12.   Memiliki dasar – dasar pengetahuan, kemampuan, ketrampilan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi

13.   Sehat jasmani dan rohani

14.   Mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat, dan kebudayaannya

15.   Kreatif, terampil, dan bekerja untuk dapat mengembangkan diri secara terus menerus

Visi dan Misi SD Al – Irsyad

VISI

Beraklaqul Karimah, berprestasi optimal, dan merupakan agen perubahan masyarakat

MISI

1.       Melaksanakan pembelajaran PAKEM

2.       Mengoptimalkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama islam

3.       Melaksanakan pembinaan komponen sekolah dalam meningkatkan kualitas dan sebagai teladan di masyarakat

4.       Menumbuhkan potensi anak melalui pembelajaran dan bimbingan yang kreatif dan inovatif

5.       Mengembangkan kreatifitas anak melalui seni budaya sesuai bakat dan minat yang dimiliki siswa

 

Bidang Aqidah – Akhlaq :

1.       Mampu menjalankan sholat dengan tertib

2.       Gemar membaca Al – Qur’an dan menghafal Juz’ Amma

3.       Mau Berdo’a, hormat kepada orang tua dan guru, menyayangi dan menghargai orang lain

4.       Cinta kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup

Bidang Akademis :

1.       Memiliki kemampuan akademis standar sesuai dengan tingkat dan jenjangnya

2.       Gemar belajar dan mencintai pelajaran Bahasa Arab dan Inggris tingkat dasar

3.       Dapat melanjutkan ke SMP Al – Irsyad Surabaya atau sekolah lain yang diminati

Bidang Ketrampilan (Program Unggulan):

1.       Mampu mengoperasikan komputer

2.       Mampu membaca Al – Qur’an dengan benar

3.       Pembinaan siswa berprestasi

Bidang Semangat Juang :

1.       Menghargai dan peduli terhadap almamaternya (sekolah)

2.       Keinginan kuat untuk berprestasi

3.       Selalu berusaha untuk berbuat baik

Waktu Belajar :

Kegiatan belajar selama 1 pekan :

Kelas I – II         : 07.00 – 11.25 WIB

Kelas III – IV      : 07.00 – 13.10 WIB

Kelas V – VI      : 07.00 – 14.00 WIB

 


Back to https://priendah.wordpress.com/

79 thoughts on “SD Al-Irsyad Surabaya

  1. trim’s infonya. saya sampaikan ke rekan-rekan kepala sekolah untuk dibicarakan. jazakumullah khoiron katsiro.

  2. Alhamdulillah, SD Al-Irsyad Surabaya dalam kondisi yang sangat baik. Mulai 1 April kemarin kami mengadakan Penerimaan Murid Baru dan Alhamdulillah sudah hampir penuh. Terima kasih Bapak Mustakim, S.S atas kepeduliaannya. Semoga Bapak sekeluarga selalu sehat dan berada dalam lindungan Allah Ta’aala. Aamiin.

  3. ass.
    saya alumni pondok modern alamien sumenep ingin menanyakan apa ada lowongan mengajar di yayasan bpk/ibu?
    syukran….JAZAKUMULLAH…

    1. lowongan ada untuk guru matematika SMP. syarat : lulusan S1 Matematika/ Fisika, usia maks. 30 tahun, IPK minimum 2.75 (untuk PTN) dan 3.00 (untuk PTS). keterangan lebih lanjut silahkan hubungi 3291966.

      1. assalamu’alaikum…..
        maaf saya khumairoh lulusan PP.Tarbiyatut Tholabah dan biologi UNESA, saya mau tanya apa ada lowongan guru di SD Al-Irsyad?
        jazakumullah….

  4. UNDANGAN

    “Pelatihan PPGD untuk Guru Sekolah (Angkt. II)”

    Pelatihan skill mengatasi kegawatdaruratan di lingkungan sekolah (pingsan, patah tulang, keracunan dll), Dilaksanakan oleh Bulan Sabit Merah Indonesia Surabaya, Sabtu, 20 Maret 2010, Pkl.07.30-17.00 di Aula SD Al Falah Surabaya. Daftar. 031-5942085 atau 085649450085. Peserta: Guru Sekolah (Terbatas 30 org). Gratis bagi Alumni Pelatihan PPGD Angkt.1 (maks. 15 org)

  5. ass wr wb
    priendah, ana alumnni sd alirsyad, lulusan matematika fmipa its, mau menanyakan apa ada lowongan guru matematika di sd/smp/sma al-irsyad?
    jazakallah

  6. Selamat untuk SD Al-Irsyad Surabaya yang mendapatkan Juara I dalam Festival Indonesia Science, meskipun acara ini diikuti oleh SD Al-Irsyad yang pertama kali tetapi SD AL-Irsyad mampu menampilkan yang terbaik dari sekolah-sekolah lain, berkat keikhlasan dan kerja sama semua guru dan dukungan yang maksimal dari Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya.
    Tetap jaya Al-Irsyad q semoga kesuksesan-kesuksesan yang lain mengikutimu.

    1. alhamdulillah. mudah2an prestasi yang sudah diraih dapat dipertahankan, sekaligus bisa menjadi pemacu semangat seluruh guru dan karyawan yang ada di Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi generasi penerus Islam. Semoga Allah selalu meridloi langkah kita semua dan semoga Allah menjauhkan kita dari sifat sombong dan takabur. aamiin.

  7. Nama : Ust. Saruji S.Pd.
    Tanggal Lahir : Sumenep
    Agama : Islam
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Alamat : Jl. Sawunggaling Timur Sambikerep Rt 23 Rw.5 Jemundi-taman-Sidoarjo. ( daerah Sepanjang )
    Pekerjaan : Guru dan Penyusun Metode “Al-insyirah” Metode Praktis Belajar membaca Al-Qur’an, yang telah banyak dipakai diberbagai Lembaga islam di wilayah jawa timur. oleh karena itu barangkali disekolah anda ingin meningkatkan dan ingin mempercepat lancar dan berkwalitas bacaan Al-Qur’annya seluruh siswanya, maka marilah adakan kerja sama dengan kami. kami menawarkan apabila lembaga anda memakai Metode kami ” Metode Al-Insyirah” maka seluruh guru pengajar Al-Qur’an yang ada di lembaga anda kami latih dengan gratis selama 6 bulan s/d satu tahu dalam satu minggu sekali. dan setiap tatap muka 2 jm s/d 3 jam. karena metode ini sudah banyak mengantarkan santri khatam 2 kali dan ilmu tajwid, gharib dengan diuji secara terbuka, artinya siapapun bertanya siswa pasti bisa menjawabnya. ini dlakukan setelah diadakan tashih/ujian oleh tim pentashih dari Metode Al-insyirah. maka tentang mutu/kwalitas sudah tidak diragukan lagi, karena ada kontrol dari metode al-insyirah bagaimana cara guru mengajarkannya dan menjalankan tahapan-tahapannya dalam mengajar.biasanya tim al-insyirah mengontrol satu bulan sekali, tapi kalau awal-awal satu minggu satu kali. marik kerja sama dengan kami. dan apa bila ingin memakai Metode Al-Insyirah silahkan hubungi kami di nomor HP. 081937410316/03178661207 atau langsung datang ke: Jl. Sawunggaling Timur Sambikerep RT.23 RW.5 Jemundo-taman-Sidoarjo ( Daerah Sepanjang-Sidoarjo )

  8. diantaranya Lembaga yang telah memakai METODE AL-INSYIRAH (Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur’an ) adalah: SD Alam insan Mulia Surabaya, SD Al-fatah Wiyung Surabaya, MI Al-Ikhlas Sumenep-Madura, TPQ Al-Hasan Rungkut, TPQ Darul Ilmi Ketintang surabaya, TPQ Mitra Arofah surabaya, TPQ Ta’miriyah surabaya, TPQ Al-Hikmah Tambakpering- dekat pasar lowak surabaya dan masih banyak lagi para lembaga yang memakai metode ini. dan setiap tahun pasti ada siswa / santri yang ditashihkan/diujikan setelah tashih ada imtihan yaitu tanya jawab secara langsung dan terbuka, jadi masalah kwalitas/mutu ketika siswa lulus dari SD sudah beres tentang: 1. bacaan Al-Qur’annya, ilmu tajwidnya, GhoroibulQur’annya, Hafalannya minimal Juz Amma dan surat-surat pilihan. segera aja joint atau kerja sama dengan kami, Hubungi: nomor: 081937410316/03178661207 atau untuk lebih jelas tentang Programnya datang langsung ke: Jl. Sawunggaling Timur Sambikerep RT.23 RW.5 jemundo-taman-Sidoarjo ( Dekat Belakang Puspa Agro – Jemundo )

    1. to ukhti fitri, anti bisa hubungi no. 3297221 atau 3291966 untuk keterangan lengkap. untuk tahun pelajaran 2012-2013, insya Allah pendaftaran murid baru secara resmi akan dibuka tanggal 2 April 2012.

      to ukhti Maulida : untuk sementara Bahasa Inggris belum ada lowongan. silahkan lihat di halaman lowongan, untuk mengetahui lowongan apa saja yang ada dan apa syaratnya.

    1. wa’alaikum salam. to ukhti Elly, untuk kelas belajar di SD Al-Irsyad dipisah mulai kelas 3 ke atas. ini sesuai dengan tuntunan Islam, bisa ukhti baca di banyak literatur. terutama berkaitan dengan akil baliq. di SD islam yang lain juga dipisah kok.

  9. SD Al-Irsyad baik programnya. mungkin kalau kami bisa kerja sama dibidang program pengajaran al-qur’an, kami sangat senang, yaitu: kami menawarkan kerja sama tentang sistem pengajaran al-qur’an, kami mempunyai METODE AL-INSYIRAH. pembinaan gratis, kualitas jaminannya, dengan ujian terbuka siapapun punyak kesempatan bertanya. disitulah kualitas akan tergambar dari proses pembelajaran. metode kami ini sudah terbukti mengantarkan santri tashih dan ujian terbuka, hasilnya alhamdulillah sangat memuaskan. dan yang dinyatakan lulus dapat sertifikat dari al-insyirah. jika berkenan silahkan hubungi kami di nomor telp. (031)78661207 atau 081931074316

    1. wa’alaikum salam wr. wb.
      untuk saat ini lowongan guru SD belum ada. yang ada lowongan untuk guru Play Group – TK. persyaratan sesuai yang tercantum di blog ini bagian LOWONGAN.

  10. Assalamualaikum…Saya mau pindahan ke Surabaya akhir bulan agustus, apa di SD Al Irsyad masih ada space untuk siswa kelas 1 dan kelas 3 ??

  11. assalamualaikum..
    mohon info biaya pendaftaran, spp, dll, perbulan di SD Al Irsyad.
    mohon maaf lokasinya didaerah mana ya???

    1. penerimaan murid baru play Group insya Allah kami mulai tanggal 1 April 2013. untuk biaya insya Allah baru diinformasikan bulan Maret 2013. mengenai persyaratan lain bisa langsung berhubungan kepala sekolah di nomor 031-3525318.

    1. wa’alaikum salam war wab.
      Informasi biaya pendaftaran SD Al-Irsyad :
      Formulir : 200.000
      Uang Pangkal Gel I : 4.750.000
      Uang Pangkal Gel II : 5.000.000
      SPP per bulan : 330.000
      Uang Kegiatan Satu Tahun : kurang lebih 700.000
      Demikian informasi dari kami, untuk kejelasan lainnya bisa langsung menghubungi SD Al-Irsyad Surabaya Telp. (031)3297221

  12. assalamu’alaikum…..
    maaf saya khumairoh lulusan PP.Tarbiyatut Tholabah dan biologi UNESA, saya mau tanya apa ada lowongan guru di SD Al-Irsyad?
    jazakumullah….

    1. wa’alaikum salam war wab. sementara masih belum ada ukhti. lebih lengkapnya bisa dilihat di tab lowongan.

  13. Assalamualaikum

    saya sedang mencari sekolah untuk 2 anak perempuan saya..sekarang mereka kelas 2 dan kelas 3. Mohon info tgl dan biaya pendaftaran serta persyaratannya. Terimakasih.

    wassalam..

  14. Saya mau menanyakan persyaratan untuk masuk ke SD Al Irsyad apa saja , selain itu biayanya berapa.. Untuk tahun ajaran 2015-2016

  15. ASSLAMUALAIKUM,,MAAF SAYA DARI BATAM, MAU SEKOLAHKAN ANAK SAYA DI ALIRSYAD.mohon info prsyaratan pendaftaran dan biaya sekolahnya untuk SD.trima kasih,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s