7 Cara efektif dalam Berkomunikasi

1. Hindari kesan memaksa

Ketika kita berkomunikasi hindari kalimat : “Kamu harus……” baiknya diganti dengan “Sebaiknya kamu…….” atau ”Maukah kamu……”

2. Fokus kepada solusi bukan masalah

Ketika berkomunikasi fokuskan kepada hal yang menjadi solusi bukan masalah. Contoh : Ketika makanan di rumah habis, tidaklah efektif jika kita berkata ”Aduh Lapar banget……” lebih baik kita berkata ”Yuuk, beli makanan di luar……”

3. Ubah ”kata tidak bisa ” menjadi ”bisa”

Ketika kita diminta untuk mengadakan pertemuan, lebih baik anda mengatakan ”Kita bisa mengadakan pertemuannya minggu depan” daripada berkata ”Kita tidak bisa ketemuan sampai minggu depan” walaupun dua kalimat dengan arti yang sama tapi estetikanya berbeda.

4. Ambil tanggung jawab dan jangan menyalahkan

Hindari kalimat ” Ini bukan salahku” lebih baik ganti dengan kalimat ” Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaikinya”

5. Katakan apa yang anda inginkan bukan yang tidak anda inginkan

Jika anda tidak ingin seseorang menyetir ngebut, lebih baik berkata ”Tolong bawa mobilnya hati-hati” daripada anda berkata ”Jangan bawa mobilnya terlalu kencang”

6. Fokus pada masa depan bukan masa lalu

Jika ada kesalahan teman anda daripada anda berkata “ Saya sudah bilang sebelumnya.. …” lebih baik diganti dengan ” Mulai sekarang, kita…….. .”

7. Bagikan informasi bukan argumen

Hindari kalimat, ”Tidak, kamu salah……” lebih baik diganti dengan ”Saya ingin seperti ini…….”

Selamat mencoba dan rasakan nikmatnya berkomunikasi. ..

IBSC TV Presenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s