Hanya Puluhan Ribu, Suara Sudah Menggigit



Saat ini, mobil tidak lagi hanya diubah agar eye catching. Pengubahan mobil sudah mengarah pada tahap ear catchy alias bersuara renyah. Untuk mewujudkan mobil yang ear catchy, konsentrasi pada peng-upgrade-an sarana pemanja telinga tidak boleh setengah-setengah. Takut mahal? Sebenarnya, tidak perlu.

Caranya adalah menganut aliran SQ (sound quality). Telinga bakal dimanjakan oleh perangkat audio di mobil tanpa biaya mahal. Lagipula, kita tidak perlu mengganti speaker atau mengobok-obok pintu dan kawan-kawannya.

Berikut, Adi Haksa Halim, pemilik bengkel ADI HIGH END car audio installer di Jl Gajah Mada 47 Sidoarjo, akan mencoba membantu Anda. “Yang paling penting, pengubahan audio bisa dikerjakan sendiri,” papar lulusan AUDIOWORKSHOP installer institute Jakarta tersebut.

Mobil zaman sekarang kebanyakan memiliki perangkat audio bawaan, yaitu single disc standar, mid bass di pintu, dan tweeter di ujung dasbor. Memang, ada juga yang dari sononya hanya dibekali single disc dan speaker full range tanpa penambahan tweeter di dasbor.

Jika yang terjadi adalah kasus kedua, langkah awal yang harus dilakukan adalah membeli tweeter. Selanjutnya, kita bubuhkan crossover pasif. Apa itu crossover pasif? Crossover pasif adalah komponen untuk membagi frekuensi suara. Frekuensi mid bass dan frekuensi tweeter bisa dipisahkan dengan alat tersebut.

Selesai dengan crossover, segera beli sepasang kapasitor 5,6 microfarad yang berkualitas bagus. Harganya lebih kurang Rp 7 ribu per biji. Selain itu, kita perlu membeli sepasang induktor atau coil 0,32 milihendry. Harganya berkisar Rp 20 ribu per biji.

Sudah terbeli semua? Selanjutnya, kita bentuk rangkaian crossover first order butter worth. Hubungkan kaki-kaki induktor atau coil ke speaker dan power. Hal itu dilakukan agar suara mid bass jadi lebih berkualitas.

Untuk membentuk output tweeter yang renyah, pasang kapasitor. Hubungkan kaki-kaki kapasitor ke speaker dan power. Selesai sudah! Cukup dengan mengeluarkan puluhan ribu rupiah, Anda telah mendapatkan suara yang merdu.

Lalu, bagaimana untuk mobil-mobil yang sudah punya tweeter (kasus satu)? Langkahnya lebih mudah lagi.

Misalnya, mobil tersebut sudah dibekali head unit double din. Tweeter-nya pun hanya dilengkapi kapasitor bipolar bernilai kecil. Sementara, midbass tidak di-crossover.

Begini caranya. Karena tweeter sudah tersedia, kita cukup membuat rangkaian antara mid bass dengan tweeter menggunakan kapasitor dan coil. Langkahnya sama persis dengan kasus kedua. Ingin lebih maksimal lagi? Perlu kita beri peredam di belakang magnet mid bass. Peredam aspal sekitar 50 cm persegi cukup membuat output suara dari mid bass.


5 thoughts on “Hanya Puluhan Ribu, Suara Sudah Menggigit

  1. Salam Mas Pri,
    Aku mau tanya bgmana caranya kalo mau pesen cross over untuk mobil? Saya ada di Jakarta, sementara anda ada di Sidoarjo.
    Saya mau buat crossover yang bagus tapi dengan biaya yang tidak terlalu mahal.
    Terima kasih

  2. Bapak Adi kalau boleh tahu dimana alamat beli Induktor/coil yang bapak maksud (0,32 Mh) itu, dan kalai bisa kasih fotonya ( induktor/Coil) yang bapak bilang itu, tks

    1. maaf pak saya juga tidak bisa bantu. postingan itu sudah lumayan lama (April 30, 2008). dulu kalau ada yang bertanya, saya sarankan untuk telpon ke pak adi di bengkel ADI HIGH END. pak adi sendiri yang alamatnya di Jl Gajah Mada 47 Sidoarjo sudah tidak bisa dihubungi. beliau sudah tidak ada di sana. mungkin sudah pindah. sekali lagi maaf.

  3. selamat pagi gan,
    ane mo tanya nih, ane punya speaker fullrange 3″ 16ohm cones plastic mau dijadiin midbass, dan ane mau coba” pasang lilitan pada speaker. nah yg ane mo tanya ukuran lilitan untuk midbass itu ukuran berapa aja ya, soale ane mau coba beberapa lilitan sampai cukup enak ditelinga ane. thanks gan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s