Alat Pendeteksi Kebohongan Lewat Scanning Mata

Gunakan Diameter Pupil Sebagai Tolok Ukur
Banyaknya kebohongan yang terjadi di dunia ini merupakan hal yang perlu diwaspadai dan dicari cara untuk mengetahuinya. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menguji semua itu. Dari sikap, gerak mata, luas pupil mata dll. Untuk itu diperlukan alat yang dapat mengetahui meminimalisir kebohongan ini.

“Salah satu alat untuk mendeteksi kebohongan adalah detektor kebohongan melalui perubahan diameter pupil mata. Ini aku buat selama sekitar sebulan,Ó ujar Dharma. Bermodalkan sebanyak 400 ribu, pelajar PENS-ITS berkulit sawo matang ini mampu merampungkan alat tersebut.

Mesin pendeteksi kebohongan dari pupil mata ini memiliki tiga bagian inti. Yaitu Laptop atau komputer, kamera webcam yang sudah dimodifikasi dan power suplai. Alat ini, dapat aktif karena kerjasama software dan webcam yang sudah dimodifikasi. Pemrogramannya menggunakan software Visual Basic 6.0.

Cara kerja alat ini sangat simpel dan mudah. Langkah awal, kita harus menyalakan seperangkat komputer yang didalamnya sudah ter-install software pendeteksi kebohongan lewat pupil mata.

Setelah seperangkat komputer menyala, kita langsung menghubungkan kamera yang dikelilingi infrared ini ke lubang USB komputer. Alat scanning tersebut akan dijepitkan pada sebuah topi atau helm. Setelah kamera berhasil mencari posisi mata kita, maka dilakukan proses thresholding. Proses ini bertujuan memisahkan bagian pupil mata dengan bagian mata lainnya. Sehingga dengan menentukan batas thresholding yang tepat, maka bagian pupil mata dapat dipisahkan dari bagian lainnya.

Jika sudah demikian, maka alat ini akan melakukan proses perhitungan diameter pupil mata. Dengan menghitung jumlah titik hitam pada tiap frame, dapat diketahui luas pupil mata. Setelah luas pupil mata diketahui, diameter pupil mata dihitung dengan rumus luas lingkaran biasa.

Diameter pupil mata pun diketahui bisa diketahui dengan menggunakan perhitungan ini. Perubahan diameter lingkaran akan dibuat grafik dan ditampilkan pada software. Kitapun siap memberikan pertanyaan ke subjek. Jika dia berbohong maka pupil mata besarnya tidak stabil. Dari grafik akan tampak perubahannya. (dey)

5 thoughts on “Alat Pendeteksi Kebohongan Lewat Scanning Mata

  1. Wah.. Menarik sekali. Sy lg perlu banget alat ini. Ceritax sy lg naik motor trus mau belok kanan, sudah sen kanan, eh.. Motor mio saya di pepet motor bebek hitam dr arah blkg kanan, laki2 hitam tanpa helem nyengol n meremas dada kanan saya dgn tangan kirix trus motorx ngebut. Keadaan malam sekitar jam 7, jalanan sepi, tapi lampu belakang motor itu terang dan plat nomer motor itu terlihat jelas dr motor sy. DS 4802 MK, sy langsung bkn laporan polisi. Orang itu ketemu, tapi tidak mengaku n mengatakan bahwa hari kejadian dia tidur di rumah kost (sekitar 500m dr jalan TKP) dari jam 1 siang hingga jam 9 malam. Kejadian pelecehan thdp sy sekitar jam 7 malam. Orgx sy tau itu dia, (tdk pakai helm), plat nomer betul, warna motor betul (bukan putih, bkn kuning, bukan merah tapi belakang hitam tulisan merah), type motor betul (bebek bukan matic bukan motor tiger or scorpion). Cuma sepi n tdk ada yg liat, n dia tdk mengaku.. Menurut rekan sekerjax, dia pernah 2x berkelakuan tak senonoh. Makax sy perlu sekali alat deteksi kebohongan dgn pupil mata ini. Tolong bantu saya, teman teman dan Allah. Tunjukan kuasa ilahimu.. Engkau maha melihat, tunjukan kebenaran ya Allah. Engkaluah saksi n Engkaulah Sang penuntut. Amin ya robbal alamin..

    1. bersabar, berdoa dan introspeksi diri adalah lebih utama. Bersabarlah terhadap ujiannya, bermunajatlah kepada Allah agar selalu diberi lindungan-Nya, dan selalu introspeksi diri, mengapa hal ini terjadi kepada diri kita?
      semoga Allah selalu melindungi ukhti Endang dan muslimah2 lainnya dari segala tindakan pelecehan seksual. aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s